Fri. Dec 3rd, 2021
perilaku sopan santun

Divohim – Bukan hanya tentang pendidikan akademis saja yang harus Anda ajarkan kepada anak, tapi juga pendidikan karakter. Utamanya dalam perilaku sopan santun terhadap orang di sekitarnya. Karakter baik yang dibentuk sejak dini akan membuat anak lebih mudah bergaul di masa depan nanti.

Tak sedikit orang tua yang lupa mengajarkan anak tentang sopan santun, khususnya mengatakan 3 kata ajaib yakni Tolong, Maaf dan Terima Kasih. Anda harus belajar banyak hal, karena mengajarkan sopan santun pastinya tidak mudah. Berikut adalah tipsnya yang harus Anda ketahui.

perilaku sopan santun

1. Mulailah Sejak Kecil

Mengajari anak jangan secara mendadak, ketika dia sudah besar, baru Anda mengajarkan sopan santun. Pasalnya hal itu kadang tak mempan karena ia sudah bisa berpikir kritis. Makanya, banyak orang tua harus mengajarkan sopan santun dimulai sejak kecil.

Setidaknya memulai hal ini bisa sejak dia berusia 1 tahun. Agar apa yang Anda ajarkan padanya melekat di memorinya dan bisa ditiru kemudian hari. Usia yang masih kecil membuatnya bisa dibentuk untuk memiliki karakter yang baik. Jadi, ajarkan hal-hal baik padanya agar ia memiliki karakter yang positif pula.

2. Mencontohkan Langsung

Tentu, Anda tidak bisa berharap anak akan berperilaku baik jika Anda saja masih sering mencontohkan hal negatif. Misal ketika Anda ingin mengajarkan padanya untuk mengucapkan kata terima kasih pada orang lain, saat Anda tidak memberikannya contoh maka itu hal yang percuma.

Maka penting untuk mencontohkan secara langsung di depannya, bagaimana perilaku sopan santun yang baik itu. Anak-anak merupakan peniru yang handal, oleh karenanya Anda harus memberikan pengajaran sekaligus contoh supaya mudah ia pahami.

3. Konsisten

Satu hal yang seringkali diabaikan oleh orang tua, bahwa mereka tidak konsisten dalam mengajarkan suatu hal pada anak-anak. Anak tidak bisa begitu saja langsung mampu memahami yang Anda katakan, itulah pentingnya perulangan.

Anda mesti melakukannya berulang-ulang secara konsisten supaya mereka mudah mengingat. Tanpa konsistensi, maka akan sulit untuk mengajarkan perilaku sopan santun terhadap si kecil.

Pentingnya perilaku sopan santun adalah karena kita ini makhluk sosial. Sehingga mau bagaimana pun akan selalu membutuhkan orang lain. Itulah kenapa si kecil harus bersikap baik supaya lebih mudah ketika berada di lingkungannya.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *