Fri. Sep 24th, 2021
cara mengatasi anak sakit

Divohim – Terdapat berbagai jenis langkah baik untuk menangani anak sakit tidak ingin makan yang bisa dijajal oleh Ayah dan Bunda, dimulai dari memberinya makanan kesukaannya, sampai sesuaikan jatahnya.

Lumrah bila anak yang sakit kehilangan gairah makannya. Namun, keadaan ini bisa membuat Anda sebagai orang-tua berasa cemas. Karena, badan anak memerlukan minuman dan makanan untuk dapat pulih dari penyakitnya. Lalu, bagaimanakah cara menangani anak sakit tidak ingin makan?

Journal of Tropical Pediatrics menerangkan jika beragam penyakit, seperti sakit kerongkongan, diare, sakit di kepala, dan demam, bisa turunkan selera makan anak. Untuk menangani anak tidak ingin makan saat sakit, berikut beberapa panduan cara mengatasi anak sakit yang dapat Anda ikuti.

cara mengatasi anak sakit

1. Menyuguhkan makanan favoritnya

Saat anak sedang sakit dan tidak ingin makan, coba sajikan makanan kesukaannya dalam jatah yang kecil saja.Jatah makanan yang kecil dipandang lebih gampang diolah dan dapat memberinya energi untuk badan anak.Walau begitu, tidak boleh memberinya gorengan atau makanan berminyak sekalinya anak menyenanginya. Coba suguhkan nasi atau mie yang lebih gampang diolah oleh lambung.

2. Sajikan camilan sehat

Bila anak sakit tidak ingin makan dalam jatah besar, coba beri cemilan sehat. Tetapi, cemilan yang dihidangkan harus mempunyai ‘bobot’ gizi yang serupa seperti makanan berat dan tentu saja memiliki nutrisi.Misalkan, bila anak menyenangi cemilan yang renyah, beri dia kacang panggang sebagai alternatif keripik. Kacang sebagai salah satunya cemilan sehat berprotein tinggi yang dipercayai dapat tingkatkan selera makan.Disamping itu, Anda bisa juga menyuguhkan sandwich sebagai alternatif kue atau cracker.

3. Pastikan kebutuhan cairan tubuhnya terpenuhi

Meski anak tidak ingin makan saat sakit, sedapat mungkin Anda harus teratur memberinya minuman padanya. Yakinkan keperluan cairan badannya tercukupi meskipun dia tidak ingin makan, khususnya saat sakit diare dan muntah-muntah.Dehidrasi dapat terjadi bisa lebih cepat saat anak-anak sedang sakit. Untuk menghindarinya, meminta anak untuk minum air putih dengan teratur.Tetapi, bila anak masih berumur di bawah dua tahun, minum air susu ibu (ASI) atau susu formulasi tidak ada apa-apa.

4. Hindari suasana ‘menegangkan’ saat memberikan makan pada anak

Memaksakan dan berteriak supaya anak ingin makan ialah hal yang perlu dijauhi. Ke-2 hal itu cuman bisa membuat anak bersedih dan menangis. Apabila sudah demikian, Anda bisa makin kesusahan untuk memberinya makan.Coba lebih sabar dan berperangai halus pada anak yang sakit. Ini diharap bisa membuat sang kecil ingin buka mulutnya untuk makan.

5. Sesuaikan porsinya

Cara menangani anak sulit makan saat sakit setelah itu sesuaikan jatahnya. Bisa saja anak Anda menampik makan karena jatahnya yang terlampau besar.Harus diingat, anak kecil tidak memerlukan jatah makan sebesar orang dewasa. Bila Anda menyimpan banyak makanan di piringnya, mereka bisa menampik atau mungkin tidak menghabiskannya.Coba untuk memberinya jatah makan yang sedikit dahulu. Bila anak masih lapar, dia bisa minta Anda untuk menambahkan jatahnya.

6. Sajikan makanan bertekstur lembut dan bernutrisi

Anak yang sakit bisa jadi mempunyai kesusahan untuk kunyah makanan memiliki tekstur keras. Oleh karena itu, coba suguhkan makanan memiliki tekstur halus yang memiliki nutrisi, misalkan pisang atau alpukat.Bukan hanya sedap, beragam buah-buahan ini diperkaya dengan mineral dan vitamin yang sanggup jaga kekebalan anak untuk menantang penyakitnya. Beberapa buah memiliki kandungan air yang lumayan tinggi hingga bisa menolong menahan dehidrasi.

7. Berikan makanan hangat

Makanan hangat biasanya gampang diterima oleh anak karena kesan hangatnya dipercayai bisa memberinya dampak menentramkan dalam tubuh.Beberapa minuman dan makanan hangat tertentu juga dipercayai sanggup menurunkan tanda-tanda pilek dan flu, seperti sakit kerongkongan, kecapekan, dan hidung mampet.

8. Biarkan anak memilih makanan yang ia inginkan

Sebuah study dalam jurnal Appetite menerangkan jika seorang dapat pilih makanan apa yang dia konsumsi, dia bisa mengkonsumsinya semakin banyak. Oleh karena itu, coba diamkan anak pilih makanan apa yang ingin dia konsumsi.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *